<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI\r\nGUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi\r\npembelajaran multiple intelligences terhadap minat dan prestasi belajar siswa\r\nkelas V SD pada mata pelajaran matematika.\r\nMetode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis\r\npenelitian quasi eksperiment, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian\r\nini adalah randomized pretest-posttest control grup design, menggunakan dua\r\nkelompok perlakuan, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dari\r\npenelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di gugus Gedongtengen tahun\r\npelajaran 2019/2020, dari 6 sekolah di gugus Gedongtengen dipilih secara acak\r\ndan terpilih dua sekolah yaitu SD Netral C sebagai kelas eksperimen dan SD\r\nMuhammadiyah Pringgokusuman sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini\r\nmenggunakan tes prestasi belajar, angket minat belajar, dan angket kecenderungan\r\nkecerdasan siswa menurut teori multiple intelligences, setelah divalidasi oleh\r\ndosen validator instrument tersebut valid untuk penelitian ini. Untuk mengetahui\r\nreliabilitas instrument tes pestasi belajar, angket minat belajar, dan angket\r\nkecenderungan kecerdasan siswa menurut teori multiple intelligences\r\nmenggunakan rumus Cronbach Alpha yang berkesimpulan bahwa penelitian ini\r\nreliable. Untuk membandingkan pengaruh strategi pembelajaran Multiple\r\nIntelligences terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan\r\nkelas kontrol penelitian ini menggunakan uji t independent, sedangkan untuk\r\nmengetahui pengaruh strategi pembelajaran Multiple Intelligences terhadap minat\r\ndan prestasi belajar siswa penelitian ini menggunakan uji pengaruh (effect size).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan menggunakan uji t\r\nindependen diperoleh bahwa nilai signifikansi untuk prestasi belajar (2 tailed)\r\nyaitu 0,039 lebih kecil dari 0,05 dan hasil perhitungan nilai signifikansi untuk\r\nminat belajar (2 tailed) 0,046 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan\r\nbahwa penggunaan strategi belajar Multiple Intelligences berpengaruh terhadap\r\nminat dan prestasi belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran matematika.\r\nBerdasarkan uji pengaruh strategi belajar Multiple Intelligences terhadap prestasi\r\nbelajar sebesar 0,62 dan uji pengaruh strategi belajar Multiple Intelligences\r\nterhadap prestasi belajar sebesar 0,53, Terdapat pengaruh dengan interpretasi\r\nsedang penggunaan strategi belajar Multiple Intelligences pada kelas V SD mata\r\npelajaran matematika."^^ . "2021" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "GINANJAR SYNDU"^^ . "BASKORO"^^ . "GINANJAR SYNDU BASKORO"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI\r\nGUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI\r\nGUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI\r\nGUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI\r\nGUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI\r\nGUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI\r\nGUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75509 \n\nPENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE \nINTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR \nSISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI \nGUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .