TY - THES ID - UNY75508 UR - http://eprints.uny.ac.id/75508/ AV - restricted M1 - tesis Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh media sempoa terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 2) pengaruh media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 3) perbedaan penggunaan media sempoa dan permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 4) pengaruh media sempoa terhadap kemampuan penalaran berhitung siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 5) pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan penalaran berhitung siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 6) perbedaan penggunaan media sempoa dan permainan ular tangga terhadap kemampuan penalaran berhitung siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Sampel diambil sebanyak 50 peserta didik, yang terbagi dalam 2 kelas dengan masing-masing terdiri dari kelas 1A 25 peserta didik diberikan perlakuan media sempoa dan kelas 1B 25 peserta didik diberikan perlakuan permainan ular tangga. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar dan soal kemampuan penalaran berhitung. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik wilcoxon signed rank test dan mann whitney pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh media sempoa terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 2)terdapat pengaruh media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 3) terdapat perbedaan penggunaan media sempoa dan permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 4) terdapat pengaruh media sempoa terhadap kemampuan penalaran berhitung siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 5) terdapat pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan penalaran berhitung siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta, 6) terdapat perbedaan penggunaan media sempoa dan permainan ular tangga terhadap kemampuan penalaran berhitung siswa kelas 1 SD Inklusi Al Firdaus Surakarta. KW - sempoa KW - permainan ular tangga KW - motivasi belajar KW - kemampuan penalaran berhitung PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - WIJAYANTI, DENI MAR?ATUSH SHOLIHAH TI - PENGARUH MEDIA SEMPOA DAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PENALARAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SD INKLUSI AL FIRDAUS SURAKARTA ER -