@phdthesis{UNY75503, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2021}, author = {Inang Irma Rezkillah}, title = {PENGARUH METODE PERCOBAAN TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN CAKRANEGARA}, keywords = {metode percobaan, literasi sains, hasil belajar kognitif}, url = {http://eprints.uny.ac.id/75503/}, abstract = {Hasil PISA 2018 dan observasi, kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 3 kelas V sekolah dasar wilayah Cakranegara. Data yang dikumpulkan adalah tes dan angket yang diisi oleh siswa. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, kemampuan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode percobaan secara signifikan lebih berpengaruh daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah (thitung = 8,926; p {\ensuremath{<}} 0,05). Kedua hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode percobaan secara signifikan lebih berpengaruh daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah (thitung = 4,435; p {\ensuremath{<}} 0,05). Ketiga, kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode percobaan secara signifikan lebih berpengaruh daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah (F = 42,375; p {\ensuremath{<}} 0,05). Kesimpulan bahwa metode percobaan dapat diterapkan oleh guru menjadi salah satu metode yang memberi pengaruh positif terhadap kemajuan kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA.} }