@phdthesis{UNY75498, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2022}, month = {February}, author = {UMI LAILA FADLILAH}, title = {Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Kemandirian dan Motivasi Belajar Anak Kelas IV Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19}, keywords = {peran orang tua, kemandirian belajar, motivasi belajar, pandemi covid-19, anak.}, abstract = {Peran orang tua, kemandirian, dan motivasi belajar merupakan aspek penting dalam proses belajar seorang anak di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh peran orang tua terhadap kemandirian belajar anak; dan (2) pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik acak sederhana (a simple random sampling). Sampel penelitian sebanyak 199 responden. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan peran orang tua terhadap kemandirian belajar anak dengan nilai koefisien regresi 0,498 pada nilai signifikansi 0,000{\ensuremath{<}}0,05. Variabel peran orang tua memberikan kontribusi sebesar 52,7\% terhadap variabel kemandirian belajar; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan peran orang tua terhadap motivasi belajar anak dengan nilai koefisien regresi 0,212 pada nilai signifikansi 0,000{\ensuremath{<}}0,05. Variabel peran orang tua memberikan kontribusi sebesar 22,5\% terhadap variabel motivasi belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin besar kontribusi peran orang tua, maka akan semakin besar pula pengaruhnya terhadap kemandirian dan motivasi belajar anak.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/75498/} }