<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP\r\nLITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD\r\nSE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran\r\nproblem based learning terhadap literasi sains, sikap demokratis, literasi sains dan\r\nsikap demokratis secara simultan pada siswa kelas V sekolah dasar gugus 3\r\nKecamatan Kediri.\r\nPenelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain\r\nnonequivalent control group design. Terdapat dua kelompok eksperimen yang\r\ndiberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan dua\r\nkelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi\r\npenelitian ini adalah seluruh kelas V SD gugus 3 di Kecamatan Kediri. Sampel\r\npenelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 1 Gelogor dan kelas VA SDN 2 Rumak\r\nsebagai kelas kontrol dan kelas VB SDN 1 Gelogor dan kelas VB SDN 2 Rumak\r\nsebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster\r\nrandom sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui literasi\r\nsains dan angket untuk mengukur sikap demokratis. Teknik analisis data\r\nmenggunakan uji independent sample t-test dan uji manova.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model\r\npembelajaran problem based learning terhadap literasi sains siswa dengan nilai\r\nsignifikansi 0.000 < 0.05. Rata-rata pretest literasi sains pada kelas kontrol adalah\r\n59.09, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 62.21. Adapun rata-rata posttest\r\nliterasi sains pada kelas kontrol adalah 66.19, sedangkan pada kelas eksperimen\r\nadalah 77.55. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning\r\nterhadap sikap demokratis siswa dengan nilai signifikansi 0.004 <0.05. Rata-rata\r\npretest sikap demokratis pada kelas kontrol adalah 71.68, sedangkan pada kelas\r\neksperimen adalah 72.66. Adapun rata-rata posttest sikap demokratis pada kelas\r\nkontrol adalah 75.7, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 83.91. (3) Terdapat\r\npengaruh model problem based learning terhadap literasi sains dan sikap\r\ndemokratis siswa secara simultan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, dengan\r\nperhitungan statistik yang sudah disebutkan."^^ . "2021" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "LINA NIDA"^^ . "ZULFA"^^ . "LINA NIDA ZULFA"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP\r\nLITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD\r\nSE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI (Text)"^^ . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP\r\nLITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD\r\nSE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP\r\nLITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD\r\nSE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP\r\nLITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD\r\nSE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP\r\nLITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD\r\nSE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP\r\nLITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD\r\nSE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75494 \n\nPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP \nLITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD \nSE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .