TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) efektivitas media gambar seri berbasis lingkungan terhadap kemampuan berbicara siswa, (2) keefektifan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap karakter peduli sosial siswa, (3) keefektifan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap kemampuan berbicara dan karakter peduli sosial siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II di kecamatan Kranggan kabupaten Temanggung yang terdiri dari tiga sekolah yaitu SDN 1 Sanggrahan, SDN 2 Sanggrahan dan SDN 1 Kranggan. Sampel penelitian ini adalah 22 siswa kelas II SDN 1 Kranggan, 23 siswa kelas II SDN 1 Sanggrahan dan 20 siswa kelas II SDN 2 Sanggrahan. Teknik pengambilan sampel dipilih sesuai kesamaan kemampuan sekolah. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-test dan anova serta manova dua jalur dengan taraf signifikansi 5% yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran menggunakan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap kemampuan berbicara, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran menggunakan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap karakter peduli sosial siswa, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran menggunakan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap karakter peduli sosial dan kemampuan berbicara siswa kelas II. M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/75492/ KW - media KW - gambar seri KW - lingkungan KW - kemampuan berbicara KW - peduli sosial Y1 - 2022/02/08/ ID - UNY75492 AV - restricted A1 - Agitia Ayu Prastiwi, Agitia Ayu Prastiwi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - Efektivitas Media Gambar Seri berbasi Lingkungan Terhadap Kemampuan Berbicara dan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas II SD ER -