TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/75489/ AV - restricted KW - digital picture books KW - kemampuan literasi kritis TI - Pengembangan Digital Picture Books untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar M1 - tesis ID - UNY75489 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - NABELA, SILVIO JULIANA N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digital picture books yang layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, mengetahui kepraktisan digital picture books berdasarkan angket respon guru dan angket respon siswa sebagai pengguna, dan mengetahui keefektifan digital picture books dalam meningkatkan kemampuan literasi kritis siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Model ini terdiri dari tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, revisi produk akhir, implementasi dan desiminasi. Peneilitian ini dilaksanakan di kelas V SD N Se-Gugus III Depok Sleman, Yogyakarta. Jumlah subjek pada uji coba lapangan awal terdiri dari 10 siswa dan 1 guru kelas, pada uji coba lapangan utama terdiri dari 30 siswa dan 2 guru kelas, dan pada uji coba lapangan operasional terdiri dari 40 siswa dan 2 guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, skala, dan tes. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital picture books layak dan praktis digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media serta hasil angket respon guru dan siswa. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi kritis siswa kelas V setelah mendapatkan perlakuan. Kemudian hasil Paired Sample T-Test memperoleh nilai signifikansi <0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa digital picture books efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Y1 - 2022/02/04/ ER -