TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - LAISAROH, ANGGRI N2 - Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) menghasilkan buku ajar berbantuan augmented reality dengan langkah-langkah yang sistematis untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui kelayakan dan keefektifan buku ajar berbantuan augmented reality dalam meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan Brog & Gall (1983). Alur dalam penelitian ini meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk uji coba lapangan utama, (8) Uji coba operasional lapangan, (9) Revisi Produk Akhir, (10) Diseminasi dan Implementasi produk akhir. Subjek uji coba lapangan awal melibatkan enam siswa, subjek uji coba lapangan utama melibatkan sembilan siswa dan subjek uji coba lapangan operasional melibatkan 40 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah 20 siswa pada masing-masing kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, angket kebutuhan, lembar validasi penilaian produk, skala respon siswa, skala respon guru, soal tes pemahaman konsep, dan skala penilaian diri karakter cinta tanah air. Analisis data yang digunakan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 dan analisis peningkatan rata-rata pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dihasilkan buku ajar berbantuan augmented reality dimulai dari perencanaan, perancangan produk, validasi produk, revisi akhir dan deseminasi; (2) buku ajar berbantuan augmented reality memenuhi kriteria ?Layak? berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon guru, dan respon siswa; (3) buku tersebut juga terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air. Keefektifan buku ajar tersebut dapat dilihat dari hasil uji t dan analisis peningkatan rata-rata pretest dan posttest . Hasil uji t menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air secara signifikan dengan nilai p sebesar 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05 (p<0,05). Sementara berdasarkan analisis peningkatan rata-rata pretest dan posttest diketahui terjadi peningkatan sebesar 25% pada pemahaman konsep dan 66% pada karakter cinta tanah air. Y1 - 2021/// UR - http://eprints.uny.ac.id/75482/ AV - restricted KW - augmented reality KW - buku ajar KW - pemahaman konsep KW - karakter cinta tanah air TI - PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR M1 - tesis ID - UNY75482 ER -