<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL\r\nBERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS\r\nUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS\r\nDAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN\r\nKELAS IV SD"^^ . "Media pembelajaran visual berbasis Ekowisata Hutan Mangrove Baros\r\nmerupakan media pembelajaran berbentuk booklet yang dimanfaatkan sebagai\r\nsumber belajar dan disusun berdasarkan potensi Ekowisata Hutan Mangrove\r\nBaros dan disesuaikan dengan Kurikulum 2013 kelas IV SD. Kelebihan media\r\nyaitu pengembangan materi berdasarkan potensi lokal dan lingkungan terdekat\r\nsiswa di Kawasan Hutan Mangrove Baros, sehingga akan mempermudah\r\npembelajaran tematik pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian ini\r\nbertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran visual berbasis Ekowisata Hutan\r\nMangrove Baros yang layak untuk meningkatkan kecerdasan naturalis dan\r\nkarakter peduli lingkungan, dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran\r\ndalam meningkatkan kecerdasan naturalis dan karakter peduli lingkungan siswa\r\nkelas IV SD Gugus II Kretek Bantul.\r\nJenis penelitian yaitu research and development (R&D), menggunakan\r\ndesain Borg and Gall (1983) dengan 10 tahapan yaitu (1) pra-observasi dan\r\nstudi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal,\r\n(4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan\r\nlebih luas, (7) revisi hasil uji lapangan lebih luas, (8) uji efektifitas, (9) Revisi\r\nhasil uji efektivitas, dan (10) diseminasi dan sosialisasi produk akhir. Subjek uji\r\ncoba lapangan terbatas melibatkan 9 siswa dan 1 guru kelas IV SD Tirtosari.\r\nSubjek uji coba lapangan lebih luas melibatkan 32 siswa dan 2 guru kelas IV SD\r\nSono. Subjek uji efektifitas melibatkan 24 siswa kelas IV SD Tirtohargo sebagai\r\nkelas eksperimen, dan 19 siswa kelas IV SD Cimpon sebagai kelas kontrol.\r\nInstrumen yang digunakan yaitu kuesioner dengan skala. Validasi instrumen\r\ndilakukan untuk uji validitas isi dan uji reliabilitas dengan koefisien korelasi\r\nsetiap itemnya > 0,349. Penilaian kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan ahli\r\nmedia, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan siswa. Uji efektivitas\r\nmedia dilakukan dengan teknik analisis data uji Wilcoxon dengan taraf\r\nsignifikansi Asymp. Sign. (2-tailed) < 0,05.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran visual\r\nyang dikembangkan sangat layak menurut ahli materi dan ahli media. Menurut\r\nguru dan siswa, kepraktisan media sangat layak. Skor rata-rata motivasi\r\nkecerdasan naturalis meningkat dari 14,7917 menjadi 18,5417, skor karakter\r\npeduli lingkungan meningkat dari 60,75 menjadi 70,625. Hasil uji efektivitas\r\nmenunjukkan bahwa media tersebut secara signifikan mampu meningkatkan\r\nkecerdasan naturalis (Asymp. Sign. (2-tailed) =0,000) dan karakter peduli\r\nlingkungan (Asymp. Sign. (2- tailed)=0,005)."^^ . "2021" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "NOVITA"^^ . "ARDIYANSARI"^^ . "NOVITA ARDIYANSARI"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL\r\nBERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS\r\nUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS\r\nDAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN\r\nKELAS IV SD (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL\r\nBERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS\r\nUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS\r\nDAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL\r\nBERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS\r\nUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS\r\nDAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL\r\nBERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS\r\nUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS\r\nDAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL\r\nBERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS\r\nUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS\r\nDAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL\r\nBERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS\r\nUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS\r\nDAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75478 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL \nBERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS \nUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS \nDAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN \nKELAS IV SD\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .