%0 Thesis %9 S2 %A KUSUMAWATI, LILIS DIAH %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Pendidikan Dasar %D 2021 %F UNY:75473 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K multimedia pembelajaran interaktif, direct instruction, kemampuan berpikir kreatif, motivasi belajar, matematika %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATEMATIKA %U http://eprints.uny.ac.id/75473/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis direct instruction yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas IV SD; (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis direct instruction dalam menstimulasi kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika kelas IV SD. Metode penelitian menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan produk dengan lima tahap, 1) analisis; 2) perancangan; 3) pengembangan; 4) implementasi; dan 5) evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD di SDN Rejowinangun 1. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan siswa, angket motivasi belajar, dan tes berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, uji independent sample t-test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif berbasis direct instruction yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dengan kategori layak, serta validasi ahli materi, respon guru, dan respon siswa dengan kategori sangat layak; (2) multimedia pembelajaran interaktif berbasis direct instruction efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika kelas IV SD secara signifikan berdasarkan uji independent sample t-test dan uji MANOVA dengan dengan nilai sig. 0,000.