%L UNY75471 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap prestasi belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar, 2. pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Kelas V Sekolah Dasar, 3. pengaruh pendekatan Problem Solving terhadap prestasi belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar, 4. pengaruh pendekatan Problem Solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Kelas V Sekolah Dasar, 5. Perbedaan pengaruh Problem Posing dan Problem Solving terhadap Prestasi Belajar, 6. Perbedaan pengaruh Problem Posing dan Problem Solving terhadap kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Dua kelas eksperimen yaitu SDN Madusari I dengan pendekatan problem posing dan SDN Rejondani dengan pendekatan problem solving. Satu kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan yaitu SDN Potrojayan II. Prestasi belajar dan kemampuan penalaran matematis diukur menggunakan instrumen tes berupa soal isian singkat dan soal uraian. Uji hipotesis menggunakan uji univariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Problem posing tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,067 (p > 0,05), 2. Problem posing tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis dengan nilai signifikansi 0,393 (p > 0,05), 3. Problem solving memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), 4. Problem solving memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matemaris dengan nilai signifikansi 0,014 ( p > 0,05 ) 5. Prestasi belajar tidak dipengaruhi oleh problem posing dengan nilai signifikansi 0,067 (p > 0,05) tetapi dipengaruhi oleh problem solving dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), 6. Kemampuan penalaran matematis tidak dipengaruhi oleh problem posing dengan nilai signifikansi 0,749 ( p > 0,05 ) tetapi dipengaruhi oleh problem solving dengan nilai signifikansi 0,014 ( p < 0,05), %A Dwi Widyastuti Nurharyanto %K problem posing, problem solving, pretasi belajar, kemampuan penalaran matematis. %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR & KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR %D 2021