%T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR- SHARE (TPS) DI SMK N1 PANDAK KELAS X TPHP 1 %D 2012 %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %P 1-8 %L UNY7547 %A Tumisah Tumisah %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas X TPHP1 SMK N 1 Pandak, Bantul, Yogyakarta.Penelitian ini terdiri dari dua siklus tindakan.Siklus 1 dengan materi Persamaan linier, dan sistem persamaan dengan dua dan tiga variabel, dan siklus 2 dengan materi pertidaksamaan linier dan sistem pertidaksamaan linier.Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa oleh Nurhayati S.Pd (sebagai pengamat).Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes tertulis, data yang diperoleh dianalisis dengan analisis diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatkan persentasi aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Matematika yaitu 51,25% pada kondisi awal menjadi 62% pada siklus 1, dan pada siklus 2 menjadi 83,8%, berarti ada peningkatan sebesar 10,75% antara kondisi awal dengan siklus 1, dan antara siklus 1 serta siklus 2 terdapat peningkatan sebesar 21,8 %. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika juga meningkat yaitu nilai rata-rata 4,53 pada kondisi awal menjadi 6,33pada siklus 1, dan pada siklus 2 menjadi 7,84 berarti ada peningkatan sebesar 1,80 antara kondisi awal dengan siklus 1, dan antara siklus 1 serta siklus 2 terdapat peningkatan sebesar 1,51 Kata Kunci : Matematika, kooperatif tipe TPS. %K Matematika, kooperatif tipe TPS