<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERMAINAN BERBASIS ANDROID \r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA \r\nKELAS V SEKOLAH DASAR"^^ . "Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media aplikasi permainan berbasis \r\nandroid yang layak, (2) mengetahui kepraktisan media tersebut dalam meningkatkan \r\nminat dan keaktifan belajar siswa kelas V sekolah dasar (SD), dan (3) mengetahui \r\nkeefektifan media tersebut dalam meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa \r\nkelas V SD.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada \r\nlangkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang meliputi: (1) mengumpulkan \r\ninformasi, (2) merencanakan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan \r\nawal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk, (8) uji \r\ncoba lapangan operasional, dan (9) revisi produk akhir. Subjek uji coba lapangan \r\nawal adalah enam siswa SD N Sumberagung dan tiga orang guru kelas V SD di \r\nKecamatan Moyudan. Subjek uji coba lapangan diperluas adalah 15 siswa SD N \r\nSumberrahayu dan enam guru kelas V SD di Kecamatan Moyudan dan Gamping. \r\nSubjek uji coba lapangan operasional yaitu 41 siswa SD N Moyudan dan SD N \r\nDemakijo 1 sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa SD N Malangan dan SD N \r\nMayangan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan skala kelayakan \r\nproduk oleh ahli materi, skala kelayakan produk oleh ahli media, skala respon guru \r\nterhadap media aplikasi permainan berbasis android, skala respon siswa terhadap \r\nmedia aplikasi permainan berbasis android, panduan wawancara, skala minat belajar, \r\ndan lembar observasi keaktifan belajar.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Media aplikasi permainan \r\nberbasis android layak digunakan untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar \r\nsiswa, yang dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media dengan \r\nkategori “sangat layak”. (2) Media yang dihasilkan tersebut praktis digunakan untuk \r\nmeningkatkan minat dna keaktifan belajar siswa. Berdasarkan respon guru dan siswa \r\nterhadap penggunaan media tersebut, penggunaan media tersebut masuk kategori \r\n“sangat praktis”. (3) Media yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan \r\nminat dan keaktifan belajar siswa, sebagaimana ditunjukkan oleh skor rata-rata minat \r\ndan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata \r\nkelas kontrol, serta ada perbedaan yang signifikan antara skor minat dan keaktifan \r\nbelajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut.."^^ . "2021" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "RINA"^^ . "WULANDARI"^^ . "RINA WULANDARI"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERMAINAN BERBASIS ANDROID \r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA \r\nKELAS V SEKOLAH DASAR (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERMAINAN BERBASIS ANDROID \r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA \r\nKELAS V SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERMAINAN BERBASIS ANDROID \r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA \r\nKELAS V SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERMAINAN BERBASIS ANDROID \r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA \r\nKELAS V SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERMAINAN BERBASIS ANDROID \r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA \r\nKELAS V SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERMAINAN BERBASIS ANDROID \r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA \r\nKELAS V SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75464 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERMAINAN BERBASIS ANDROID \nUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA \nKELAS V SEKOLAH DASAR\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .