<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL PENGAJARAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan alasan-alasan yang \r\nmelatarbelakangi model pengajaran sistem among dapat menarik partisipasi \r\nmasyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SD Tamansiswa, dan 2) \r\nmendeskripsikan implementasi model pengajaran sistem among sehingga dapat \r\nmenarik partisipasi masyarakat.\r\nPenelitian kualitatif ini menggunakan desain studi kasus, yang \r\ndilaksanakan di SD Tamanmuda Jetis dan SD Tamanmuda Ibupawiyatan. Subjek \r\ndalam penelitian ini adalah guru/pamong (9 dari SD Tamanmuda Jetis, dan 7 dari \r\nSD Tamansiswa Ibupawiyatan), kepala sekolah dari masing-masing sekolah, \r\nsiswa (5 dari SD Tamanmuda Jetis, dan 8 dari SD Tamanmuda Ibupawiyatan),\r\nwali murid (2 dari SD Tamanmuda Ibupawiyatan, dan 1 dari SD Tamanmuda \r\nJetis), dan dokumen yang relevan. Data dikumpulkan menggunakan teknik \r\nwawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, dan catatan anekdot. \r\nInstrumen yang dipergunakan divalidasi menggunakan teknik content validity, \r\nyang merujuk kepada penilaian ahli. Data yang terkumpul dianalisis mengikuti \r\nlangkah-langkah analisis data kualitatif yang dikemukakan Miles, Huberman, & \r\nSaldana, yang meliputi: data condensation, data display, dan conclusion drawing.\r\nHasil penelitian mengungkapkan adanya enam faktor yang \r\nmelatarbelakangi model pengajaran sistem among dapat menarik partisipasi \r\nmasyarakat, yaitu: 1) memfasilitasi penyelesaian masalah psikologis/kepribadian\r\nanak yang belum atau tidak teratasi oleh orang tua, 2) mempromosikan iklim \r\nsosial GESI, 3) mampu beradaptasi dengan tren kependidikan saat ini, 4) \r\nmempertahankan ide KHD tentang “pemerataan pendidikan daripada peninggian \r\npendidikan”, 5) memprioritaskan budi pekerti daripada pengetahuan akademik, \r\ndan 6) guru menanggungjawabi perannya sebagai pamong. Selama\r\nmenyelenggarakan pembelajaran menggunakan sistem among, guru/pamong \r\nmentaati batasan-batasan normatif dan prinsipil, yang meliputi: a) menghargai\r\nkodrat alamiah anak, b) membangun dan mempertahankan inklusi sosial, c) \r\nmemanfaatkan apapun potensi anak agar berkembang dengan setinggi-tingginya, \r\nd) menggunakan paradigma humanisme-konstruktivisme (menghindari pola-pola \r\nbehavioristik), e) menjalin hubungan pertemanan dengan siswa berdasarkan tata \r\nkrama/sopan santun, f) memprioritaskan pembentukan budi pekerti dan \r\npemenuhan hak anak memperoleh layanan pendidikan secara layak, dan g) \r\nmengawasi anak dalam menggunakan kebebasannya. Berdasarkan temuan \r\ntersebut, saran ditujukan kepada guru dan pengelola sekolah untuk menata ulang \r\ntingkatan prioritas pendidikan, membangun iklim sosial yang inklusif dan \r\npartisipatif, membangun hubungan kekeluargaan (kinship) dengan siswa, dan \r\nmenggunakan paradigma humanisme-konstruktivisme dalam pembinaan anak."^^ . "2021" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "MIFTAKHUDDIN"^^ . "MIFTAKHUDDIN"^^ . "MIFTAKHUDDIN MIFTAKHUDDIN"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "MODEL PENGAJARAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "MODEL PENGAJARAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENGAJARAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENGAJARAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENGAJARAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENGAJARAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75460 \n\nMODEL PENGAJARAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .