TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen guru sekolah dasar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang dilihat dari: (1) Perencanaan, (2) Rekrutmen (pengadaan), (3) Penempatan dan Penugasan, (4) Pembinaan dan Pengembangan, dan (5) Pemberhentian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena Kota Magelang menerapkan moratorium pengangkatan guru PNS. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen guru sekolah dasar meliputi: (1) Perencanaan manajemen guru dilaksanakan dengan identifikasi kebutuhan guru yang didasarkan pada peraturan walikota dan rencana strategis. (2) Rekrutmen (pengadaan) guru melalui seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian dan pengadaan guru tidak tetap. (3) Penempatan dan penugasan guru dilaksanakan dengan menempatkan guru yang telah lolos seleksi sesuai dengan formasi yang ditetapkan dan melaksanakan mutasi guru. (4) Pengembangan guru berupa pelatihan-pelatihan umum secara tersentral dan pelatihan khusus melalui kelompok kelompok kerja guru dan kelompok kerja kepala sekolah, sedangkan pembinaan guru berupa pembinaan karier dan pembinaan untuk guru yang melanggar tindak disiplin. (5) Pemberhentian guru disebabkan pensiun, mengundurkan diri, atau mendapatkan sanksi UR - http://eprints.uny.ac.id/75453/ A1 - Budi, Wahyu Setia TI - MANAJEMEN GURU SEKOLAH DASAR DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA MAGELANG AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY75453 KW - Manajemen Guru KW - Sekolah Dasar Y1 - 2022/12/06/ EP - 253 PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -