%0 Thesis %9 S1 %A Arba'atun, Latifah Nur %B Administrasi Pendidikan %D 2022 %F UNY:75445 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K teachers' mapping, teachers' needs analysis, state elementary schools. %P 296 %T PEMETAAN GURU PADA JENJANG SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/75445/ %X Pemetaan guru merupakan proses dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pemerataan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi data pemetaan guru jenjang SD Negeri, yang selanjutnya akan digunakan untuk menganalisis kebutuhan guru SD di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek pada penelitian ini adalah Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Staff Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Tempat penelitian berada di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan member check. Teknik analisis data menggunakan analisis penelitian kualitatif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemetaan guru di Dinas Pendidikan Kulon Progo hanya dilakukan pada status kepegawaian guru. (2) Pelaksanaan pemetaan guru dimulai dengan pengisian dokumen lapor bulan oleh pihak sekolah, kemudian dikumpulkan pada Seksi PTK SD yang selanjutnya akan diolah dan dipetakan. (3) Data lapor bulan yang dikumpulkan oleh sekolah tidak sesuai dengan keadaan nyata di lapangan dan pengisian data tidak sesuai dengan format menjadi kendala dalam pelaksanaan pemetaan guru. (4) Analisis kebutuhan guru dilaksanakan dengan menggunakan hasil pemetaan guru. (5) Dinas Pendidikan Kulon Progo memiliki kekurangan guru kelas sejumlah 197 guru, guru olahraga sejumlah 57 guru, dan guru agama sejumlah 66 guru.