TY - THES Y1 - 2022/12/02/ KW - Strategi Humas Sekolah KW - Animo Masyarakat. UR - http://eprints.uny.ac.id/75410/ ID - UNY75410 PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Melati, Anita Suci TI - STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT PADA KB AL HIDAYAH TURI DI MASA NEW NORMAL AV - restricted M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi humas dalam meningkatkan animo masyarakat yang memiliki anak usia dini pada KB Al Hidayah Turi di masa New Normal yang terdiri dari: strategi yang dilakukan, kendala yang dihadapi, dan solusi yang dilakukan KB Al Hidayah. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala humas, petugas humas dan orang tua wali siswa KB Al Hidayah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi humas dalam meningkatkan animo yang dilakukan oleh humas KB Al Hidayah memperhatikan 4 hal yaitu persiapan strategi humas, jenis publikasi humas yang digunakan, isi pesan yang disampaikan, dan kerjasama yang dilakukan. (2) Kendala yang sering dihadapi oleh sekolah saat pelaksaanaan strategi humas untuk meningkatkan animo masyarakat, diantaranya yaitu budaya membaca masyarakat masih tergolong rendah, kesadaran orang tua (masyarakat) akan pentingnya pendidikan di usia dini anak masih kurang, pemilihan tempat pemasangan media cetak yang kurang strategis, keterbatasan media sosial yang dimiliki sekolah, serta sekolah belum memiliki alamat web sekolah sendiri. (3) Solusi yang dilakukan KB Al Hidayah dalam mengatasi kendala yang terjadi adalah dengan adalah dengan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat menggunakan metode penyampaian informasi langsung Mouth to Mouth (Mulut ke mulut), menggunakan bahasa yang mudah dipahami, jujur, dan sopan. Pemasangan media cetak sebagai alat promosi sekolah diletakkan di tempat yang strategis, memperbaiki pembagian beban kerja agar saat melaksanakan tugas tidak terbebani dan kekurangan waktu, serta mengikuti pelatihan untuk meningkatan kemampuan IT humas sekolah EP - 197 ER -