%X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh minat menjadi guru dan tunjangan profesi guru terhadap kinerja guru profesional di SMP Negeri Kota Sragen. (2) mengetahui besar sumbangan efektif yang diberikan minat menjadi guru dan tunjangan profesi guru terhadap kinerja guru profesional secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah guru profesional di enam SMP Negeri Kota Sragen berjumlah 112 guru. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga subjek penelitian seluruhnya dikenakan sebagai responden. Uji coba instrumen mengunakan uji validitas dan reliabilitas kepada 25 responden. Untuk memenuhi asumsi analisis regresi, maka diperlukan uji yang meliputi normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel minat menjadi guru dan tunjangan profesi guru terhadap kinerj guru profesional di SMP Negeri Kota Sragen dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 20,402 > 3,079. Sedangkan sumbangan efektif kedua variabel terhadap kinerja guru profesional adalah 27,7%, yang berarti sebesar 27,7% variabel kinerja guru profesional di SMP Negeri Kota Sragen dipengaruhi oleh minat menjadi guru dan tunjangan profesi guru, dan selebihnya 72,3% dipengaruhi oleh variabel lain. (2) total sumbangan efektif, variabel minat menjadi guru memiliki pengaruh yang lebih besar dan dominan dalam penelitian ini dengan presentase 26%, sedangkan sisanya yaitu 1,7% dipengaruhi oleh variabel tunjangan profesi guru. %A Anindya Meli Agustina %K Minat Menjadi Guru, Tunjangan Profesi, Kinerja Guru Profesional. %L UNY75396 %T PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN TUNJANGAN PROFESI TERHADAP KINERJA GURU PROFESIONAL DI SMP NEGERI KOTA SRAGEN %D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan