%T KEPEMIMPINAN INKLUSIF KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %L UNY75386 %K Kepemimpinan Inklusif, Kepala Sekolah %X Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan permasalahanpermasalahan yang dihadapi kepala sekolah dalam memimpin penyelenggaraan pendidikan inklusif dan strategi kepala sekolah dalam mengatasi permasalahanpermasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian yaitu sembilan kepala sekolah inklusif di sekolah dasar negeri Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan grounded theory dengan pengkodean yang terdiri dari open coding, axial coding, dan selective coding. Kemudian uji keabsahan data dengan menggunakan member check. Hasil dari penelitian ini, yaitu: 1. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi kepala sekolah dalam memimpin penyelenggaraan pendidikan inklusif, yakni: (a)terdapat pihak yang tidak mendukung visi sekolah inklusif; (b)pelatihan pendidikan inklusif belum merata; (c)modifikasi kurikulum belum diterapkan secara menyeluruh; (d)keterbatasan jumlah dan waktu kunjungan Guru Pendamping Khusus; (e)keterbatasan jenis fasilitas pendukung pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus; (f)keterlibatan orangtua siswa berkebutuhan khusus masih kurang; (g)motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus rendah; (h)keterbatasan dana bantuan dari pemerintah; (i)tidak terdapat kegiatan monitoring dan evaluasi khusus pendidikan inklusif. 2. Strategi yang dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, yakni: (a)pengambilan keputusan partisipatif; (b)membangun visi bersama; (c)pelibatan orangtua; (d)membangun kerjasama antar guru; (e)pendekatan khusus pada ABK; dan (f)mengarahkan siswa berkebutuhan khusus berat yang kurang terfasilitasi ke Sekolah Luar Biasa. %A Genoveva Asmira Dewi