%0 Thesis %9 S1 %A Dewantoro, Danang %B Administrasi Perkantoran %D 2022 %F UNY:75381 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K masalah pendidikan, Covid-19, content analysis %T PERMASALAHAN-PERMASALAHAN PENDIDIKAN YANG DIHADAPI SEKOLAH DI TAHUN PERTAMA PANDEMI COVID-19 %U http://eprints.uny.ac.id/75381/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan pendidikan apa saja yang dihadapi oleh sekolah pada tahun pertama terjadinya pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi dokumen, dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan teori atau berdasarkan konstruk operasional (theory based/operasional construct sampling). Dokumen yang digunakan merupakan artikel surat kabar online dari situs kompas.com, republika.id, dan suaramerdeka.com. Artikel merupakan hasil wawancara langsung dengan kepala sekolah, guru, orang tua atau wali siswa, dan siswa. Lokasi yang dituju adalah satuan pendidikan formal meliputi SD hingga SMA/sederajat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah coding sheet dalam bentuk excel. Penelitian ini menggunakan content analysis sebagai teknik analisis data. Pengujian keabsahan data menggunakan member check dengan peneliti di bidang manajemen pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat permasalahan penyelenggaraan pendidikan yang dihadapi sekolah dalam lingkup nasional dan Jawa Tengah di masa awal tahun pendemi Covid-19. Rinciannya meliputi: (1) masalah terkait siswa berupa kesulitan belajar di rumah dan kehadiran di kelas daring rendah; (2) masalah terkait guru berupa ketidaksiapan mengajar daring, motivasi mengajar daring rendah, dan beban kerja meningkat; (3) masalah terkait orang tua siswa berupa kesulitan mendampingi siswa, kepedulian terhadap pendidikan anaknya rendah, dan tidak setuju dengan pembelajaran daring; (4) masalah terkait fasilitas pembelajaran berupa akses internet yang tidak memadai dan fasilitas belajar daring yang kurang memadai.