@phdthesis{UNY75377, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2022}, month = {November}, author = {Hilya Taqiyya}, title = {MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI GERAKAN PBLHS DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA}, keywords = {Learning Management, PBLHS Movement}, url = {http://eprints.uny.ac.id/75377/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Gerakan PBLHS di SMA N 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu Ketua Tim Adiwiyata, Guru Mapel atau Pendamping Pokja/Divisi, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, analisis data penelitian ini menggunakan teori dari Miles, Huberman, dan Saldana. Dan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Gerakan PBLHS di SMA N 6 Yogyakarta menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan melihat latar belakang serta tujuan, menentukan langkah-langkah perencanaan, serta menyusun rencana pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara terintegrasi dengan mata pelajaran, ekstrakurikuler, dan praktik kegiatan siswa. Pelaksanaan pembelajaran ini berkaitan dengan keterlibatan siswa, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan sumber pembelajaran, serta kendala atau tantangan yang dihadapi. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui dua jenis. Pertama, evaluasi yang menitik beratkan pada proses pembelajaran yakni mengenai keterlaksanaan kegiatan, kendala, dan tindak lanjutnya. Evaluasi ini dilakukan oleh internal Tim Adiwiyata setiap 3 bulan. Kedua, evaluasi hasil belajar peserta didik yang mencakup aspek penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Evaluasi hasil belajar peserta didik ini hanya dilakukan melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan mata pelajaran.} }