TY - THES EP - 215 N2 - Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Inovasi Layanan Peminjaman Buku yang diberikan perpustakaan sekolah dimasa pandemi Covid-19 di SMA N 8 Purworejo, (2) Bentuk optimalisasi dalam pemanfaatan layanan WEB peminjaman buku perpustakaan oleh siswa dimasa pandemi Covid-19 di SMA N 8 Purworejo. (3) Hambatan dan solusi dalam pelaksanaan inovasi layanan peminjaman buku dimasa pandemi Covid-19 di SMA N 8 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, guru dan siswa. Setting penelitian ini adalah SMA N 8 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan analisis triangulasi teknik dan sumber. Kemudian, untuk teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Inovasi layanan peminjaman buku pada masa pandemi Covid-19 menggunakan sistem PO (Preorder). Pada proses peminjaman buku perpustakaan memanfaatkan media sosial Whatsapp dan WEB Perpustakaan sebagai tempat display buku onlinenya. (2) Pengoptimalan laman WEB Perpustakaan saat ini laman WEB perpustakaan tidak hanya sebapai tempat display buku online namun juga dapat melayani pesan pinjam buku dan cek peminjaman buku apakah sudah terlambat atau belum. (3) Hambatan Internal meliputi: pengaturan jadwal bagi pemustaka; dan ketersediaan dana dalam pengoptimalan laman WEB. Sedangkan hambatan eskternal meliputi: adanya jadwal kunjung; dan kurang memaksimalkan dalam hal pemanfaatan layanan dalam laman WEB. M1 - skripsi AV - restricted TI - INOVASI LAYANAN PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA N 8 PURWOREJO A1 - Dzifiktiar, Hidayah PB - Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY75373 KW - Innovation KW - Library Service UR - http://eprints.uny.ac.id/75373/ Y1 - 2022/12/01/ ER -