%0 Thesis %9 S1 %A Rasendria, Daffa %B Administrasi Pendidikan %D 2022 %F UNY:75362 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Management, Promotion, and Library %P 244 %T MANAJEMEN PROMOSI LAYANAN DIGITAL MELALUI MEDIA DIGITAL PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/75362/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen promosi layanan digital melalui media digital pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dilihat dari: (1) Penetapan peluang promosi; (2) Penetapan tujuan promosi; (3) Pengorganisasian untuk promosi; (4) Pemilihan sasaran promosi; (5) Pemilihan pesan promosi; (6) Pemilihan bauran promosi; (7) Penetapan anggaran; (8) Penerapan strategi promosi; (9) pengukuran hasil dan pengambilan tindakan korektif. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian terdiri atas Kepala Perpustakaan, Pj. Sistem Informasi, Pustakawan Pj. media digital. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan alat bantu lembar observasi, lembar wawancara dan lembar studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan 9 komponen manajemen promosi, secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sasaran promosi yang utama adalah sivitas akademika UMY. Perpustakaan UMY membentuk Tim Medsos Perpustakaan dan Influencer yang membantu pembuatan konten promosi layanan digital. Promosi tidak lepas dari tema edukatif dan informatif, dengan bauran terdiri atas advertising, sales promotion, personal selling, dan public relation. Promosi digital dilakukan melalui media Twitter, Facebook, Website, Youtube, Instagram dan Tiktok. Strategi promosi digital didukung anggaran berdasarkan hasil Rapat Kerja Tahunan. Evaluasi dilakukan dengan mengukur kinerja promosi