TY - THES N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMKN 1 Cangkringan; 2) kendala dalam implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMKN 1 Cangkringan; 3) upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala dalam implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMKN 1Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan teknik interaktif (Miles & Huberman), dengan tahapan kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan 1) implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMKN 1 Cangkringan terwujud dalam perubahan pada lingkungan sekolah, pembelajaran yang menyenangkan, pengembangan karakter siswa, dan menciptakan kerjasama dengan berbagai pihak; 2) kendala dalam implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMKN 1 Cangkringandiantaranya: kurangnya pemahaman guru dan masyarakat terkait Gerakan Sekolah Menyenangkan, pembelajaran yang terkesan monoton dan membosankan, beberapa siswa yang bermalas-malasan, serta minimnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran; 3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan di SMKN 1 Cangkringan yaitu dengan sosialisasi, diklat guru, pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan, memotivasi siswa, serta penambahan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. Y1 - 2022/11/30/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Wulandari, Lestari Fitria EP - 161 M1 - skripsi ID - UNY75355 TI - IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/75355/ ER -