<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA\r\nSD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN\r\nMIN 1 BANTUL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manajemen kurikulum Sekolah\r\nRamah Anak (SRA) pada SD Negeri Pelem, SD Muhammadiyah Pandes, dan MIN\r\n1 Bantul yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum; dan (2)\r\nfaktor-faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kurikulum Sekolah\r\nRamah Anak (SRA) di SD Negeri Pelem, SD Muhammadiyah Pandes, dan MIN 1\r\nBantul.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.\r\nFokus penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum; dan\r\nsubjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, komite, dan peserta didik.\r\nTeknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen dan observasi.\r\nData dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Model Analisis Interaktif\r\ndari Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data yang digunakan adalah\r\ntriangulasi sumber dan teknik.\r\nHasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Manajemen kurikulum\r\nSRA pada SD Negeri Pelem, SD Muhammadiyah Pandes, dan MIN 1 Bantul\r\nmeliputi (a) perencanaan kurikulum melalui tahap penetapan tim pengembang,\r\npenyusunan draf kurikulum, uji publik, pemantapan dan finalisasi kurikulum; (b)\r\npelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler,\r\npengembangan karakter, dan kegiatan sekolah; dan (c) evaluasi kurikulum melalui\r\nevaluasi kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, pengembangan karakter, dan\r\nkegiatan sekolah didasarkan pada indikator ketercapaian (capaian visi dan misi\r\nsekolah, kriteria ketuntasan belajar, dan RKT) yang melibatkan berbagai komponen\r\nsekolah. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen\r\nkurikulum Sekolah Ramah Anak (SRA) pada SD Negeri Pelem, SD\r\nMuhammadiyah Pandes, dan MIN 1 Bantul meliputi (a) proses perencanaan\r\nkurikulum dipengaruhi beberapa faktor, yakni kualitas guru, kematangan peserta\r\ndidik, ketersediaan sarana prasarana, dan iklim sosial-psikologis di sekolah; (b) tiga\r\nfaktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum yaitu karakteristik kurikulum,\r\nstrategi pelaksanaan, karakteristik pengguna kurikulum, dan peran aktif stakholder;\r\nserta (c) proses evaluasi dipengaruhi oleh faktor keterbatasan waktu dan peran aktif"^^ . "2022-11-30" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Nurmalita"^^ . "Sari"^^ . "Nurmalita Sari"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA\r\nSD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN\r\nMIN 1 BANTUL (Text)"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA\r\nSD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN\r\nMIN 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA\r\nSD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN\r\nMIN 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA\r\nSD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN\r\nMIN 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA\r\nSD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN\r\nMIN 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA\r\nSD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN\r\nMIN 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75351 \n\nMANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA \nSD NEGERI PELEM, SD MUHAMMADIYAH PANDES DAN \nMIN 1 BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Administrasi Pendidikan" . .