<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU\r\nPEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan\r\nsekolah, faktor pendukung, dan kendala sekolah dalam meningkatkan mutu\r\npembelajaran selama pandemi COVID-19 di SD Budi Mulia Dua Panjen dan SD IT\r\nSalman Al Farisi Dua\r\nPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.\r\nSubjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang\r\nKurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Guru, dan Siswa.\r\nLokasi penelitian di SD Budi Mulia Dua Panjen dan SD IT Salman Al Farisi Dua.\r\nTeknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman.\r\nUji keabsahan data pada penelitian ini dengan triangulasi sumber dan triangulasi\r\nteknik.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Strategi peningkatan\r\nmutu pembelajaran meliputi strategi pengoptimalan komponen peningkatan mutu\r\npembelajaran dan strategi pembelajaran. Strategi pengoptimalan komponen\r\npeningkatan mutu pembelajaran seperti program peningkatan mutu pembelajaran,\r\npengoptimalan siswa, pengoptimalan sarana dan prasarana, pengoptimalan guru dan\r\ntenaga kependidikan, pengoptimalan keuangan sekolah, strategi menciptakan\r\nlingkungan belajar yang kondusif, pengoptimalan kurikulum, strategi mengatur kurun\r\nwaktu belajar yang efektif dan efisien, dan strategi membuat program pengayaan\r\nserta pengembangan. strategi pembelajaran seperti pengorganisasian pembelajaran,\r\npenyampaian isi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran. (2) Faktor pendukung\r\ndalam pelaksanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran berasal dari internal dan\r\neksternal sekolah. Seperti perencanaan yang matang, siswa mandiri, guru\r\nmenyampaikan isi pembelajaran dengan menarik, sarana dan prasarana sekolah yang\r\nselalu ditingkatkan, pengadaan pelatihan untuk guru oleh yayasan, orang tua siswa\r\nyang kooperatif, pelatihan untuk guru yang diadakan oleh pemerintah, dan dana yang\r\nmencukupi kebutuhan sekolah. (3) Kendala dalam pelaksanaan strategi peningkatan\r\nmutu pembelajaran berasal dari internal dan eksternal sekolah. Seperti perangkat\r\npembelajaran yang dibutuhkan siswa terbatas, siswa yang berada di luar kota,\r\nkemampuan guru yang berbeda-beda, dan wali murid yang kurang kooperatif.\r\nKendala-kendala tersebut sekolah atasi dengan membuat berbagai macam program."^^ . "2022-11-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Yusrina"^^ . "Adzani"^^ . "Yusrina Adzani"^^ . . . . . . "STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU\r\nPEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Text)"^^ . . . "STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU\r\nPEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU\r\nPEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU\r\nPEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU\r\nPEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU\r\nPEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75279 \n\nSTRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU \nPEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19\n\n" . "text/html" . . . "Administrasi Pendidikan" . .