%0 Thesis %9 S1 %A Jannah, Neily Riama El %B Administrasi Pendidikan %D 2021 %F UNY:75246 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Sympathetic Application, Information System, Management, Madrasah Tsanawiyah in Sleman Regency %P 212 %T PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA (SIMPATIKA) MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/75246/ %X ii PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA (SIMPATIKA) MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN SLEMAN Oleh : Neily Riama El Jannah NIM 16101244006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sistem informai pendidik dan tenaga kependidikan Kementerian Agama (SIMPATIKA) meliputi: manajemen (planning, organizing, controlling), proses pengelolaan aplikasi (pengumpulan, pengolahan, penyajian), kendala dan strategi dalam menanggulangi kendala pada pengelolaan sistem informasi aplikasi SIMPATIKA pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah admin dan operator pengelolaan dapodik. Lokasi penelitian yaitu di MTs Negeri 1 Sleman, MTs Sunan Pandanaran, MTs Darussalam di Kabupaten Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstuktur, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, data display, serta kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses Manajemen meliputi: a. Perencanaan dengan menunggu perintah dari Kemenag Kabupaten dan rapat koordinasi internal di madrasah; b. Pengorganisasian dengan cara menjalin kerjasama antar pegawai di madrasah; c. Pengawasan dilaksanakan secara internal yaitu oleh kepala madrasah dan kepala bagian tata usaha dan pengawasan eksternal oleh admin SIMPATIKA Kemenag Sleman (2) Proses pengumpulan data pada aplikasi SIMPATIKA dengan meminta informasi data diri lengkap kepada PTK baru dan dokumen lain kepada pegawai bersangkutan (3) Proses pengolahan data pada aplikasi SIMPATIKA dengan melakukan tahapan-tahapan sesuai petunjuk pada aplikasi SIMPATIKA (4) Proses penyajian data pada aplikasi SIMPATIKA dengan print out lembar aktivasi, pakta integritas, kartu identitas PTK, (5) Kendala yang ditemukan : Kurangnya pemahaman dari admin operator karena operator belum lama menjabat sebagai admin dan Asering terjadinya pergantian guru baik itu mutasi karena guru PNS ataupun guru keluar masuk pada madrasah swasta. Hal ini mengakibatkan proses pengelolaan aplikasi SIMPATIKA diulang dari awal (6) Strategi penanggulangan kendala yaitu: mengoptimalkan kemampuan bekerja pegawai, segera melalukan rekruitmen guru baru, dan aktif dalam mengikuti informasi yang disampaikan oleh Kemenag melalui grup whatsapp operator admin SIMPATIKA.