%0 Thesis %9 S1 %A Putri, Zahra Fadhilah %B Administrasi Pendidikan %D 2021 %F UNY:75243 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Manajemen, Kurikulum Berbasis At Home, Homeschooling %P 292 %T MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS AT HOME DI HOMESCHOOLING KAK SETO TANGERANG SELATAN %U http://eprints.uny.ac.id/75243/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum at home di Homeschooling Kak Seto Tangerang Selatan, yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum berbasis at home di Homeschooling Kak Seto Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah staf bidang kurikulum dan tutor Homeschooling Kak Seto Tangerang Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum berbasis at home di Homeschooling Kak Seto Tangerang Selatan bersifat top down, yang dimulai dari pemimpin lembaga yang merumuskan visi dan misi lembaga, mempersiapkan komponen pokok kurikulum yang meliputi: perumusan tujuan kurikulum, isi kurikulum, metode kurikulum berbasis at home, yakni: kenyamanan anak dalam belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saj a serta evaluasi kurikulum berbasis at home (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis at home di Homeschooling Kak Seto Tangerang Selatan didasarkan pada potensi, minat bakat, karakter, kebutuhan, dan kondisi peserta didik dengan sistem pembelajaran fleksibel dan menyenangkan melalui empat program belajar pilhan, yakni: program belajar Komunitas, Komunitas Online Learning, Distance Learning dan Distance Learning Tunggal. (3) Evaluasi kurikulum berbasis at home di Homeschooling Kak Seto Tangerang Selatan, meliputi evaluasi: hasil belajar peserta didik, keikutsertaan orang tua, kinerja tenaga pengajar dan lembaga