TY - THES KW - Supervisi Akademik KW - Kepala Sekolah KW - SMA ID - UNY75168 EP - 430 A1 - Sulistyaningrum, Heni PB - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2021/11/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi, strategi dalam memecahkan masalah dan model konseptual pada pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri se-Kecamatan Ngaglik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, asesor dan guru. Lokasi penelitian di 2 SMA Negeri se-Kecamatan Ngaglik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, data display, kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepala SMA N se-Kecamatan Ngaglik melaksanakan supervisi akademik melalui tahap, a. Perencanaan yaitu perumusan tujuan, penentuan jadwal pelaksanaan, prosedur dan administrasi guru yang perlu disiapkan; b. Kepala sekolah membentuk tim terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator asesor dan asesor; c. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah menggunakan pendekatan langsung, tidak langsung dan kolaborasi. Teknik yang digunakan yaitu pertemuan individu dan rapat. Instrumen yang digunakan berupa angket dan catatan supervisi akademik; d. Penilaian dilakukan oleh kepala sekolah dibantu asesor. Penentuan hasil akhir didasarkan pada hasil akumulasi nilai dari instrumen; e. Pelaporan melalui proses identifikasi, analisis dan catatan hasil supervisi akademik; f. Evaluasi disampaikan melalui rapat dan pertemuan individu; g. Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan analisis kebutuhan hasil supervisi. (2) Strategi kepala sekolah dalam menghadapi permasalahan dengan melakukan pergantian jadwal pelaksanaan supervisi akademik dan membuat program berupa bimbingan teknis atau workshop untuk penyusunan administrasi guru. (3) Model konseptual menunjukkan hubungan antara elemen yang terdapat dalam pelaksanaan supervisi akademik sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik dan mendukung tercapainya tujuan supervisi akademik. UR - http://eprints.uny.ac.id/75168/ TI - PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK AV - restricted M1 - skripsi ER -