%0 Thesis %9 S1 %A Nugroho, Vitus Ari %B PGSD %D 2022 %F UNY:75158 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK POP-UP DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI KEBONAGUNG %U http://eprints.uny.ac.id/75158/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Kotak Pop-Up Daur Hidup Hewan muatan IPA yang layak dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD Negeri Kebonagung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) yang mengacu pada model Borg & Gall (Sugiyono, 2015:407) dengan tujuh langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk awal, uji coba lapangan utama, dan revisi produk untuk uji operasional. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kebonagung yang terdiri dari 6 siswa sebagai subjek uji coba lapangan awal, dan 12 siswa sebagai subjek uji coba lapangan utama. Instrumen penelitian pada penelitian ini yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa analisi deksriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, media Kotak Pop-Up Daur Hidup Hewan yang dikembangkan telah dinyatakan layak dan praktis digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli media yang termasuk dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 4,3, hasil validasi ahli materi yang termasuk dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 4,6, hasil penilaian guru dengan skor rata-rata 4,6 termasuk kategori praktis, hasil uji lapangan awal sebesar 93% dengan kategori sangat praktis, hasil uji lapangan utama sebesar 99% dengan kategori sangat praktis dan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebanyak 30,2%. Kata kunci : media kotak pop-up daur hidup hewan, pemahaman konsep, IPA