TY - THES M1 - skripsi PB - Universitas Negeri Yogyakarta EP - 136 ID - UNY75149 KW - pembelajaran KW - Strategi KW - Manajemen KW - Kendala KW - dan Aplikasi Y1 - 2020/11/17/ UR - http://eprints.uny.ac.id/75149/ N2 - Penelitian ini mendeskripsikan strategi manajemen pembelajaran yang diterapkan di SMK Bintang Nusantara pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi manajemen yang dilakukan oleh SMK Bintang Nusantara dalam proses pembelajaran daring, dan mengidentifikasi kendala yang dialami oleh SMK Bintang Nusantara dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan interaktif fenomenologi karena mendeskripsikan fenomena berdasarkan pandangan subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri atas Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, guru bimbingan konseling, wali kelas dan perwakilan wali murit SMK Bintang Nusantara. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi, yaitu merupakan teknik pengumpulan data yang memiiki sifat menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi Manajemen yang telah diterapkan oleh SMK Bintang Nusantara Karanganyar antara lain; memberikan pelatihan pembelajaran daring kepada guru, membentuk tim yang bertugas untuk merancang materi pembelajaran dan mengawasi proses pembelajaran daring, mengkombinasi pembelajaran daring dan luring, penggabungan kurikulum lama dan kurikulum darurat. 2) Kendala pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 adalah ketidakmampuan orang tua dalam memantau pembelajaran anak, jaringan internet yang kurang stabil. 3) Aplikasi yang digunakan SMK Bintang Nusantara dalam pembelajaran daring antara lain ; schoollution, Genius, Google Meet, dan Zoom AV - restricted TI - STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN SMK BINTANG NUSANTARA KARANGANYAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 A1 - Narotama, Galang Aji ER -