TY - THES EP - 232 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/75135/ ID - UNY75135 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan kepala sekolah terhadap pendidikan inklusi dan mengidentifikasi praktik kepemimpinan kepala sekolah dalam memfasilitasi pendidikan inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian enam kepala sekolah dasar di Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan member check. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan kepala sekolah terhadap pendidikan inklusi yaitu mampu memberikan layanan pendidikan yang setara dan meningkatkan kemampuan siswa berkebutuhan khusus. Kepala sekolah menjalankan praktik kepemimpinan inklusi dalam proses penyelenggaraan pendidikan inklusi, diantaranya : (1) Menetapkan visi yang tegas dan jelas terkait inklusi, (2) Terlibat dalam Perencanaan Kolaboratif dan Implementasi, (3) Melakukan Audit Ekuitas, (4) Mendesain Ulang Organisasi Sekolah, (5) Membangun Tim Pengajaran, (6) Dukungan Emosional dan Apresiasi, (7) Menggunakan Data Dalam Pengambilan Keputusan, (8) Kepemimpinan Guru, (9) Memastikan hak suara bagi semua, (10) Membangun Kapasitas Staff. Y1 - 2020/11/17/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta KW - Kepemimpinan Inklusi KW - Pendidikan Inklusi A1 - Maraszona, Stella TI - KEPEMIMPINAN INKLUSI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMFASILITASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN SLEMAN AV - restricted ER -