%I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2020 %T EVALUASI PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 5 YOGYAKARTA %K evaluasi program, , sistem kredit semester %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi berjalannya komponen sistem kredit semester di SMP N 5 Yogyakarta meliputi empat komponen, yaitu: (1) komponen konteks (contexs), (2) komponen masukan (input), (3) komponen proses (process), (4) komponen produk (product). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Informan penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMP N 5 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan ketercapaian pelaksanaan program (1) aspek context (konteks) yaitu latar belakang dan tujuan program dalam kategori baik. (2) aspek input (masukan) yang terdiri (a) sumber daya manusia, kualifikasi peserta didik dalam kategori baik. Kualifikasi guru dalam kategori baik. (b) kurikulum program dalam kategori baik. (c) sarana prasarana sudah lengkap dalam kategori baik. Dengan demikian, aspek input (masukan) program dalam kategori baik. (3) aspek process (proses) yaitu (a) persiapan program dalam kategori baik. (b) pelaksanaan program dalam kategori baik. Sehingga aspek process (proses) dalam kategori baik. (4) aspek product (produk) yaitu (a) kualitas lulusan program kategori baik. (b) kualitas capaian hasil belajar kategori kurang. Sehingga aspek product (produk) dalam kategori cukup. %A Nafrinda Pingky Triaswari %L UNY75130