TY - THES Y1 - 2020/09/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pembinaan dan strategi pembinaan peserta didik di MTs Assalaam Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di MTs Assalaam Temanggung. Subjek penelitian terdiri dari wakil kepala kesiswaan, pembantu direktur kesantrian, wali kelas, wali asrama, dan ketua OPPMA. Penentuan infroman dilakukan secara purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interactive berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembinaan peserta didik di MTs Assalaam Temanggung dilaksanakan di sekolah dan di asrama, yang mencakup pembinaan spiritual, pembinan sikap, pembinaan akademik, dan pembinaan non akademik/skills. Pembinaan tersebut diterapkan melalui pola pembinaan keteladanan, pembiasaan, dan nasehat yang dilaksanakan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. 2) Strategi pembinaan peserta didik di MTs Assalaam Temanggung menggunakan metode hukuman, metode pengajaran, metode nasehat, metode evaluasi, pemberian penghargaan dan beasiswa melalui kegiatan intakurikuler yang didukung dengan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Utami, Virnadig Zulaika Destari AV - restricted KW - pembinaan peserta didik KW - Madrasah Tsanawiyah KW - boarding school. TI - PEMBINAAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH ASSALAAM TEMANGGUNG M1 - skripsi ID - UNY75097 UR - http://eprints.uny.ac.id/75097/ ER -