%T PENGARUH PEMBERIAN KUIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KANISIUS KALASAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %D 2012 %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %P 1-8 %L UNY7508 %K Kuis, Motivasi belajar, Hasil belajar, Faktorisasi Suku Aljabar %A Setyanta Bernadeta Ayu %A Murwaningtyas Ch. Enny %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa SMP Kanisius Kalasan pada materi Faktorisasi Suku Aljabar, yang proses pembelajarannya dengan diberi kuis dan tidak diberi kuis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA (kelas eksperimen) dan VIIIB (kelas kontrol) dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) instrumen motivasi belajar siswa berupa angket dan pedoman wawancara, (2) instrumen hasil belajar siswa berupa pretest, kuis, dan posttest. Selama penelitian ini diadakan kuis sebanyak 3 kali, dikerjakan secara individu dalam waktu 5 – 10 menit dan langsung dibahas bersama-sama dengan siswa. Data angket siswa dianalisis dengan menghitung persentase motivasi yang diperoleh masing-masing siswa. Dari persentase tersebut ditentukan kriteria motivasi belajar siswa, baik secara individu maupun keseluruhan untuk setiap kelas. Sedangkan data wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif sebagai penguatan dari hasil angket motivasi belajar siswa. Data pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji z, dan dilihat berdasarkan KKM-nya yaitu 72. Sedangkan kuis dianalisis dengan menghitung nilai rata – rata dan persentase banyaknya siswa per kriteria hasil belajar di setiap kuis yang diadakan. Selanjutnya hasil analisis data pada kelas eksperimen (VIIIA) dibandingkan dengan kelas kontrol (VIIIB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dan lebih baik dibanding kelas kontrol. Hasil angket dan wawancara langsung dengan sebagian siswa di kelas eksperimen pun menunjukkan respon yang positif terhadap adanya kuis dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kuis berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Kuis, Motivasi belajar, Hasil belajar, Faktorisasi Suku Aljabar