TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/75079/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan media visual, mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan media audio visual, dan membuktikan pengaruh jenis media pembelajaran yang digunakan guru terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri Kalimenur. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kalimenur yang berjumlah 12 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh populasi. Kelas tersebut diberi dua perlakukan yang berbeda yaitu pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dan visual. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan deskriptifi kuantitatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran audio visual berada pada kategori sedang dengan persentase siswa dengan hasil belajar sedang sebesar 83,33%. Selain itu, hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media visual berada pada kategori sedang dengan persentase siswa dengan hasil belajar sedang sebesar 66,66%. Berdasarkan hasil uji wilcoxon yang telah dilakukan menunjukkan terdapat pengaruh jenis media pembelajaran yang digunakan guru terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri Kalimenur. Kata kunci : media pembelajaran, quasi esperimental design, hasil belajar AV - restricted A1 - Lindasari, Meysa PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH JENIS MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI KALIMENUR ID - UNY75079 Y1 - 2022/11/14/ ER -