%0 Thesis %9 S1 %A Riyanto, Dwi Mahmud Rizki %B PGSD %D 2022 %F UNY:75074 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN QUIZ TEAM DI SD NEGERI KWAGON SIDOREJO GODEAN %U http://eprints.uny.ac.id/75074/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa dalam muatan pembelajaran IPS kelas V SD N Kwagon dan bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa IPS menggunakan metode pembelajaran quiz team pada siswa kelas V SD N Kwagon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kwagon yang terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan skala keaktifan belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa kelas V SD N Kwagon dalam muatan pembelajaran IPS bisa ditingkatkan melalui penggunaan metode pembelajaran quiz team yang ditandai dengan meningkatnya presentase keaktifan belajar siswa. Hasil rata�rata skala keaktifan belajar siswa IPS siswa pada pra siklus adalah 76,42 dengan presentase siswa aktif sebesar 52,39%, kemudian rata-rata siklus I adalah 78,33 dengan presentase siswa aktif sebesar 66,66%, dan pada siklus II rata-rata 80,33 dengan presentase siswa aktif sebesar 80,95 %. Kata kunci: keaktifan belajar IPS, metode pembelajaran quiz team