TY - THES A1 - Nurfitriana, Safira Fahma PB - Universitas Negeri Yogyakarta EP - 114 N2 - Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kepuasan pelanggan diklat dalam pelaksanaan program diklat 3-in-1 berbasis kompetensi bidang industri alas kaki pada Balai Diklat Industri Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kepuasan pelanggan diklat dari dua aspek yaitu aspek kinerja dan aspek dampak pelaksanaan program dengan model evaluasi bebas tujuan (goal-free evaluation model). Sampel penelitian ini yaitu 13 perusahaan dan 98 peserta diklat yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase yang diolah menggunakan Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kepuasan pelanggan diklat dalam pelaksanaan program diklat 3-in-1 berbasis kompetensi bidang industri alas kaki pada Balai Diklat Industri Yogyakarta dinyatakan memuaskan. Untuk rata-rata tiap aspeknya (a) aspek kinerja oleh peserta diklat dikategorikan puas dengan persentase 89% dan oleh perusahaan dikategorikan sangat puas dengan persentase 93%, (b) aspek dampak oleh perusahaan dikategorikan sangat puas dengan persentase 90 Y1 - 2020/11/14/ ID - UNY75069 KW - evaluasi program KW - kepuasan pelanggan KW - diklat 3-in-1 UR - http://eprints.uny.ac.id/75069/ M1 - skripsi AV - restricted TI - EVALUASI KEPUASAN PELANGGAN DIKLAT 3-IN-1 BERBASIS KOMPETENSI BIDANG INDUSTRI ALAS KAKI PADA BALAI DIKLAT INDUSTRI YOGYAKARTA ER -