@phdthesis{UNY75067, year = {2022}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Dwi Riani}, title = {PRAKTIK BAIK GURU DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PESERTA DIDIK KELAS VB SDN 05 TRITIH WETAN, CILACAP}, month = {November}, url = {http://eprints.uny.ac.id/75067/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praktik baik guru dalam mengatasi learning loss peserta didik kelas VB SDN 05 Tritih Wetan, Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan praktik baik guru dalam mengatasi learning loss peserta didik SDN 05 Tritih Wetan yang dikategorikan dalam beberapa peran yaitu sebagai inovator, evaluator, fasilitator dan motivator. Peran guru sebagai inovator yaitu melakukan pembaharuan pembelajaran yang berupa penggunaan model pembelajaran yang berbeda?beda, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dan menarik, pemilihan media pembelajaran yang menarik dan penggunaan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered). Peran guru sebagai evaluator yaitu melakukan evaluasi pada hasil yang telah dilakukan selama kegiatan pembelajaran dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Peran guru sebagai fasilitator yaitu melakukan pendampingan terhadap peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran. Peran guru sebagai motivator yaitu mengkreasikan berbagai macam cara pemberian motivasi, menciptakan suasana belajar yang kondusif, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan. Kata kunci: learning loss, peran guru, sekolah dasar} }