%0 Thesis %9 S1 %A Al-Haq, Aji %B Administrasi Pendidikan %D 2020 %F UNY:75064 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K manajemen pendidikan, pendidikan inklusif, slow learner %P 161 %T MANAJEMEN PENDIDIKAN BAGI SLOW LEARNER SECARA INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI BACIRO %U http://eprints.uny.ac.id/75064/ %X Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan (1) Proses seleksi calon siswa berkebutuhan khusus slow learner (2) Pengaturan penempatan siswa berkebutuhan khusus slow learner dalam proses belajar mengajar di kelas (3) Pendampingan terhadap siswa berkebutuhan khusus slow learner dalam proses pembelajaran (4) Ketersediaan fasilitas pendukung untuk pembelajaran siswa berkebutuhan khusus slow learner. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, satu guru reguler, dan satu guru pembimbing khusus sekaligus guru reguler. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yakni deskriptif kualitatif dengan langkah meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif kemudian penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses seleksi untuk calon peserta didik berkebutuhan khusus tidak menggunakan batasan usia, seperti ditemukannya calon siswa dengan usia 9 tahun. (2) SD N Baciro menerapkan berbagai macam variasi penempatan siswa berkebutuhan khusus slow learner dalam proses belajar mengajar di kelas dengan disesuaikan pada materi belajar dan metode pengajaran guru, yang mana setiap variasi tersebut memiliki tujuan bagi siswa slow learner (3) Pendampingan yang dilakukan secara umum dengan melakukan pendekatan individual bagi siswa slow learner, yakni guru akan menjelaskan materi yang telah diberikannya apabila siswa slow learner tidak paham dengan materi tersebut (4) Fasilitas pendukung pembelajaran untuk siswa slow learner masih secara umum, secara khusus untuk siswa slow learner belum tersedia.