eprintid: 75028 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/07/50/28 datestamp: 2022-11-10 07:34:51 lastmod: 2022-11-10 07:34:51 status_changed: 2022-11-10 07:34:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mardiyana, Zulfa corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 PLERET KABUPATEN BANTUL ispublished: pub subjects: D10 subjects: administrasi_pendidikan divisions: fip_ap full_text_status: public keywords: persepsi, kualitas, layanan perpustakaan sekolah abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kepuasan siswa sebagai pengguna layanan perpustakaan di SMAN 1 Pleret yang dilihat dari aspek: (1) bukti fisik (tangibles), (2) keandalan (reliability), (3) ketanggapan (responsiveness), (4) jaminan (assurance), dan (5) empati (empathy). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang masih aktif pada tahun ajaran 2019/2020 di SMAN 1 Pleret. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 0,05 dengan jumlah populasi 500. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan sampel berjumlah 83 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas X, 26 siswa kelas XI, dan 27 siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 22 for windows dan Ms. Excel 2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kualitas layanan perpustakaan di SMAN 1 Pleret masuk dalam kriteria cukup baik dengan memperoleh persentase sebesar 81,22%. Persepsi siswa tentang kualitas layanan perpustakaan di SMAN 1 Pleret dilihat dari sub variabel bukti fisik (tangibles) memperoleh persentase sebesar 81,27% termasuk kriteria baik, sub variabel keandalan (reliability) memperoleh persentase sebesar 81,36% dan masuk dalam kriteria baik, sub variabel ketanggapan (responsiveness) memperoleh persentase sebesar 80,72% termasuk kriteria cukup baik, sub variabel jaminan (assurance) memperoleh persentase sebesar 81,80% masuk dalam kriteria baik, dan sub variabel empati (empathy) memperoleh persentase sebesar 80,84% termasuk dalam kriteria cukup baik. date: 2020-06-26 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Administrasi Perkantoran thesis_type: skripsi citation: Mardiyana, Zulfa (2020) PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 PLERET KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/75028/1/fulltext_zulfa%20mardiyana_16101241013.pdf