%T EVALUASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI SMA NEGERI 2 BANTUL %D 2020 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %A Yeshie Kurnia Indah Paramita %K evaluasi program, sekolah adiwiyata %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program sekolah adiwiyata di SMA Negeri 2 Bantul dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product) melalui komponen: (1) konteks yang ditinjau dari latar belakang dan tujuan program (2) masukan yang ditinjau dari sumber daya manusia, kurikulum, serta sarana prasarana (3) proses yang ditinjau dari agenda kegiatan dan kesesuaian jadwal dalam pelaksanaan program sekolah adiwiyata (4) produk yang ditinjau dari hasil pelaksanaan program sekolah adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang dicetuskan oleh Stufflebeam. Subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, ketua program sekolah adiwiyata, guru, dan peserta didik yang mengikuti pelaksanaan program sekolah adiwiyata di SMA Negeri 2 Bantul. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian pelaksanaan program (1) Konteks: Latar belakang serta tujuan pelaksanaan program dalam kategori baik. (2) Masukan: (a) SDM, partisipasi peserta adalah cukup. Guru dan penyelenggara program sekolah adiwiyata adalah baik. (b) Kurikulum telah memuat materi tentang pengetahuan tentang kepedulian terhadap lingkungan di seluruh mata pelajaran. (c) Sarana dan Prasarana program sekolah adiwiyata telah lengkap dan memadai. Dengan demikian, masukan program sekolah adiwiyata termasuk dalam kategori baik. (3) Proses: Agenda kegiatan dan kesesuaian jadwal termasuk dalam kategori baik. (4) Produk: Hasil pelaksanaan program sekolah adiwiyata dalam kategori baik. %L UNY75023