TY - THES KW - evaluasi program KW - sumber belajar KW - pendukung pembelajaran KW - program menabung KW - program e-jimpitan. Y1 - 2020/06/16/ ID - UNY75022 A1 - Astuti, Ariesta Indah Puji PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - EVALUASI PROGRAM SEKOLAH E-JIMPITAN SEBAGAI PENDUKUNG SUMBER PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 2 MAGELANG AV - restricted N2 - Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan model evaluasi CIPP dengan tujuan mengevaluasi ketercapaian program e-jimpitan di SMK Negeri 2 Magelang. Program e-jimpitan merupakan bentuk laman yang dibuat oleh jaringan internal sekolah sebagai pelayanan tabungan harian dan dikelola oleh bank mini di SMK Negeri 2 Magelang sebagai pendukung sumber pembelajaran. Penelitian ini mengevaluasi e-jimpitan dari empat komponen, yaitu: (1) aspek context (konteks); (2) aspek input (masukan); (3) aspek process (proses); dan (4) aspek product (produk). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Magelang dengan informan kepala sekolah, pengelola program e-jimpitan, dan peserta didik kelas 10 jurusan akuntansi SMK Negeri 2 Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan ketercapaian pelaksanaan program (1) aspek context (konteks) yaitu latar belakang dan tujuan program dalam kategori baik dengan tingkat ketercapaian 87,5; (2) aspek input (masukan) yang terdiri dari (a) kualifikasi peserta didik dengan kategori baik, (b) kualifikasi penanggungjawab program kategori kurang, (c) kurikulum baik; (d) sarana dan prasrana program telah lengkap dan memadai. Dengan demikian, aspek input (masukan) program e-jimpitan termasuk dalam kategori baik dengan tingkat ketercapaian 85; (3) aspek process (proses) yaitu (a) media dan metode dalam kategori baik dengan tingkat ketercapaian 100; (b) kesesuaian jadwal dalam kategori cukup dengan tingkat ketercapaian 75. Sehingga aspek process (proses) termasuk dalam kategori baik dengan tingkat ketercapaian 87,5; (4) aspek product (produk) yang terdiri dari hasil pembelajaran kualitatif dan kuantitatif peserta didik memiliki tingkat ketercapaian 90 yang termasuk dalam kategori baik. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/75022/ ER -