TY - JOUR N2 - Kita mengenal istilah ?pendidikan karakter? dalam Sistem Pendidikan Nasional sebagai salah satu solusi terhadap fakta bahwa Indonesia berada pada penilaian rendah sebagai negara yang bersih dari korupsi. Tujuan pendidikan karakter secara umum adalah untuk memperbaiki kualitas karakter bangsa Indonesia melalui bangku sekolah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar pendidikan karakter tetap mampu dilaksanakan adalah dengan mengolaborasikannya dengan mata pelajaran yang dipelajari siswa secara langsung. Selama ini, guru-guru mengajarkan materi pelajaran, teutama sains, tanpa melihat bahwa sesungguhnya ada nilai-nilai yang dapat ditanamkan pada siswa. Sudah saatnya memunculkan nilai-nilai tersebut di dalam pembelajaran, salah satunya pembelajaran matematika. Kita mengenal sebuah pendekatan pembelajaran bernama Realistic Mathematics Education (RME) yang dipelopori di Belanda kemudian diadaptasi menjadi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Peluang untuk memahatkan karakter-karakter tersebut menjadi dimungkinkan karena paradigma pembelajaran PMRI seperti yang dapat dicermati melalui landasan filosofis, prinsip, dan karakteristiknya menjamin bahwa PMRI sangat potensial dalam menumbuhkan dan memahatkan karakter-karakter tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Dilakukan observasi, wawancara, dan pengumpulan data melalui dokumen-dokumen sekolah untuk melihat karakter-karakter yang terbentuk di dalam diri siswa, baik ketika pembelajaran maupun setelah pembelajaran matematika dengan metode PMRI. UR - http://www.uny.ac.id SP - 1 AV - public SN - 978-979-16353-8-7 TI - PENERAPAN PMRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER A1 - Aulia Musla, Mustika EP - 10 JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa Y1 - 2012/11/10/ ID - UNY7502 PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ER -