%K kinerja, guru Taman Kanak-kanak. %A Kirana Adityasari Winanda %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru Taman Kanak- kanak (TK). Hal tersebut dikarenakan dengan mengetahuinya kinerja guru TK dapat menjadi acuan bagi sekolah maupun Dinas pendidikan terkait untuk memperbaiki kekurangan yang ada dan meningkatkan serta mengembangkan kinerja guru TK yang sudah baik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket. Angket penilaian berisi pernyataan terkait kinerja guru saat melaksanakan tugasnya dalam proses pembelajaran. Angket tersebut diisi oleh guru TK setiap desa di kecamatan Ngablak. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru TK di kecamatan Ngablak masuk dalam kategori sangat baik. Kinerja guru TK dihitung dengan menggunakan tiga aspek, yang masing-masing aspek memiliki skor berbeda. Aspek perencanaan memiliki skor sebesar 169 (78,24%), aspek proses pembelajaran memiliki skor sebesar 1294 (85,58%), aspek evaluasi memiliki skor sebesar 95 (65,97%), dan total skor yang didapat dari masing-masing aspek yaitu sebesar 1872 (83,23%). %L UNY75016 %T KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG %D 2020 %I Universitas Negeri Yogyakarta