<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kegiatan program\r\nGerakan Literasi Sekolah; (2) tahap pelaksanaan program Gerakan Literasi\r\nSekolah; (3) kendala yang terjadi selama pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah;\r\n(4) dan solusi yang dilakukan terhadap kendala yang dihadapi pada\r\nimplememtasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Muhammadiah Purwodiningratan 2\r\nYogyakarta.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini\r\ndilakukan di SD Muhammadiah Purwodiningratan 2 Yogyakarta pada bulan\r\nDesember 2019 hingga Febuari 2020. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala\r\nsekolah, kepala perpustakaan, 3 guru serta 6 siswa. Teknik pengumpulan data\r\ndilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data\r\nyang digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis data interaktif yang\r\ndikemukakan Miles and Huberman. Uji keabsahan data pada penelitian ini\r\nmenggunakan triangulasi teknik dan sumber.\r\nHasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) program gerakan literasi sekolah\r\nterdiri dari tahfidz quran, wajib kunjung perpustakaan, gerakan infaq harian, pojok\r\nbaca, tabungan siswa, lomba hari ibu, lomba hias kelas, mengikutkan siswa dalam\r\nlomba, outing class, mengembangkan bakat siswa, tersedianya poster, serta\r\npemberian apresiasi kepada siswa. (2) Tahap pelaksanaan program terdiri dari: (a)\r\ntahap pembiasaan yang dilakukan dengan menumbuhkan kebiasaan membaca siswa\r\nmelalui tahfidz quran, menyediakan bahan pustaka, menempelkan poster, pojok\r\nbaca, serta melibatkan wali siswa di kegiatan literasi, (b) tahap pengembangan yang\r\ndilakukan dengan melakukan berbagai teknik membaca, memilih buku pengayaan,\r\nmengapresiasi capaian literasi siswa, serta pembentukan tim literasi, dan (c) tahap\r\npembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan kembali teknik membaca, serta\r\nmemilih buku pengayaan ang tepat. (3) Kendala yang dihadapi yaitu menurunnya\r\nminat baca siswa, proses meningkatkan minat baca terkadang kesulitan, siswa kelas\r\nbawah belum memiliki konsentrasi, dan terdapat pendidik yang memiliki tugas\r\nganda. (4) Solusi yang dilakukan yaitu memberikan kegiatan literasi kepada siswa,\r\nrutin memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa maupun guru, memberikan\r\nhadiah kepada siswa yang aktif, memberikan peraturan secara tertulis kepada\r\npendidik, serta memberikan pemahaman kepada orangtua siswa terkait literasi."^^ . "2020-06-05" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Administrasi Perkantoran, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Lailani Nur"^^ . "Sabrina"^^ . "Lailani Nur Sabrina"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75013 \n\nIMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) \nDI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . . . "Administrasi Pendidikan" . .