<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM)\r\nSEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pencapaian standar\r\npelayanan minimal program dan/atau satuan pendidikan Sekolah Dasar Inklusi di\r\nKota Yogyakarta, (2) faktor pendukung dan kendala penyelenggaraan SD inklusi\r\ndi Kota Yogyakarta.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode\r\ndeskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD inklusi yang berada di Kota\r\nYogyakarta. Pada penelitian ini data yang diambil dari 6 (enam) SD inklusi di Kota\r\nYogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Studi\r\ndokumen, wawancara, dan observasi. Pengisian dokumen ditujukan kepada kepala\r\nsekolah. Wawancara ditujukan kepada kepala sekolah atau koordinator inklusi, dan\r\nobservasi dilakukan untuk mengetahui kondisi sekolah. Validator instrumen oleh\r\ndosen pembimbing dan staf UPT Layanan Disabilitas (ULD). Teknik analisis data\r\nmenggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan triangulasi\r\ndata untuk mencapai keabsahan data.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Pencapaian SPM pada\r\n6 (enam) SD inklusi di Kota Yogyakarta secara umum termasuk dalam kategori\r\nbaik (71.23%). (a) Pencapaian SPM pada kelima aspek yaitu, aspek pengembangan\r\nkurikulum dan sistem pembelajaran mencapai 75.00% kategori baik, aspek peserta\r\ndidik ABK mencapai 75.00% kategori sangat baik, aspek pendidik dan tenaga\r\nkependidikan mencapai 52.66% kategori baik, sementara aspek ketersediaan\r\nsarana-prasarana khusus mencapai 61.60% kategori baik, serta aspek evaluasi\r\nbelajar dan kompetensi lulusan ABK mencapai 91.88% kategori sangat baik. (b)\r\nKesesuaian keempat aspek (kurikulum dan sistem pembelajaran, aspek peserta\r\ndidik ABK, serta aspek evaluasi dan kompetensi lulusan ABK, serta aspek\r\nketersediaan sarana-prasarana) sesuai dengan SPM sekolah inklusi, sementara 1\r\n(satu) aspek (pendidik dan tenaga kependidikan) cukup sesuai SPM sekolah inklusi.\r\n(c) Ditemukan bahwa terdapat 2 (dua) sekolah yaitu SD N Tamansari 1 dan SD\r\nTaman Muda Ibu Pawiyatan telah mencapai SPM dengan kategori sangat baik. (2)\r\nFaktor Pendukung yang terdapat di sekolah berbeda-beda, namun secara umum\r\ndapat diklasifikasi sebagai berikut, ketersediaan kurikulum dan sistem\r\npembelajaran, adanya pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten, sarana\r\ndan prasarana yang cukup memadai, peserta didik mau dan mampu menjadi tutor\r\nsebaya, dan adanya kebijakan dari kepala sekolah. Kendala yang dihadapi sekolah,\r\nbelum sesuainya kurikulum dengan pelaksanaan di sekolah, beberapa sekolah tidak\r\nmemiliki GPK dan guru kelas merangkap menjadi pendamping ABK, beberapa\r\nsekolah kesulitan dalam pemenuhan sarana, kurangnya pengertian orang tua dalam\r\nmenuntut prestasi siswa."^^ . "2019-10-28" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Administrasi Perkantoran, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Retno Wulan"^^ . "Juminarsih"^^ . "Retno Wulan Juminarsih"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM)\r\nSEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM)\r\nSEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM)\r\nSEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM)\r\nSEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM)\r\nSEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM)\r\nSEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #75010 \n\nPENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) \nSEKOLAH DASAR INKLUSI DI KOTA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . . . "Administrasi Pendidikan" . .