%T PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS 1 SD JUARA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 %D 2012 %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %K penilaian portofolio, kontekstual, prestasi belajar %A Nurkholis Aris %X Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar sederhana melalui penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika berbasis kontekstual. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap metode pembelajaran yang diimplentasikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang bersifat mendiskripsikan data dan menginterpretasikan data. Sampel penelitian adalah siswa kelas 1 SD Juara Yogyakarta pada tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi, tes dan pedoman wawancara, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terjadi peningkatan perolehan hasil belajar siswa sebesar 5,7% pada kompetensi kognitif siswa (dari skor rata-rata sebesar 72,6 dengan kualifikasi baik pada siklus I menjadi sebesar 76,8 dengan kualifikasi baik pada siklus II), sebesar 16,42% pada kompetensi afektif siswa (dari skor rata-rata sebesar 69,4 dengan kualifikasi cukup baik pada siklus I menjadi sebesar 80,8 dengan kualifikasi baik pada siklus II), 2) Respon siswa terhadap penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika berbasis kontekstual adalah sangat positif. Kata kunci: penilaian portofolio, kontekstual, prestasi belajar. %L UNY7499 %P 1-8