TY - THES N2 - Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang membahas mengenai tata kebahasaan dan keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi karangan narasi. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berupa gambar seri berbasis powerpoint interaktif yang layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III. Produk ini diuji kelayakannya oleh ahli media dan materi Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). 4D terdiri dari empat tahap pengembangan. Tahap pertama Define atau tahap analisis kebutuhan, tahap kedua adalah Design yaitu menyiapkan kerangka konseptual model dan perangkat pembelajaran, lalu tahap ketiga Develop, yaitu tahap pengembangan melibatkan uji validasi atau menilai kelayakan media, dan terakhir adalah tahap Disseminate, yaitu implementasi pada sasaran sesungguhnya yaitu subjek penelitian. Hasil dari pengembangan media gambar seri berbasis powerpoint interaktif dinyatakan sangat layak. Media Gambar Seri berbasis Powerpoint Interaktif mendapatkan skor rata-rata 3,7 dengan skala 4 berdasarkan penilaian ahli materi dan mendapatkan skor rata-rata 3,72 dengan skala 4 berdasarkan penilaian ahli media. Hasil penilaian guru mendapatkan skor rata-rata 3,7 dengan skala 4 dan Hasil uji coba lapangan awal mendapatkan nilai rata-rata 3,6 dengan skala 4 serta hasil uji coba lapangan luas mendapatkan nilai rata-rata 3,71 dengan skala 4. Kata Kunci : gambar seri, interaktif, karangan narasi Y1 - 2022/11/08/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Riosaputra, Tangguh Junior M1 - skripsi ID - UNY74982 AV - restricted TI - MEDIA GAMBAR SERI BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI KARANGAN NARASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III UR - http://eprints.uny.ac.id/74982/ ER -