TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/74967/ KW - evaluasi program KW - tunas unggul handayani KW - program diklaT AV - restricted TI - EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TUNAS UNGGUL HANDAYANI KABUPATEN GUNUNGKIDUL M1 - skripsi ID - UNY74967 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Fadhlurrohman, Andika Irfan Y1 - 2019/08/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi komponen program Diklat Tunas Unggul Handayani Kabupaten Gunungkidul yang terdiri dari: Konteks (latar belakang, tujuan dan sasaran), Masukan (kurikulum, SDM, sarpras, serta pembiayaan), Proses (media dan metode pembelajaran, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi), dan Hasil (kualitas hasil belajar dan kuantitaslulusan). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan model evaluasi CIPP. Subyek penelitian ini adalah Peserta, Pengajar dan Penyelenggara diklat. Setting penelitian bertempat di UPT Balai Diklat Kab. Gunungkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Studi Dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi Metode dan Triangulasi Sumber Data. Analisis data penelitian menggunakan model Interaktif dari Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Komponen konteks Latar belakang, tujuan, dan sasaran diklat berdasarkan skor penilaian unsur komponen dikategorikan baik. Tujuan diadakanya program diklat yaitu sebagai upaya peningkatan kompetensi masyarakat Kab. Gunungkidul. 2) Komponen masukan terkait kurikulum sesuai dengan kebutuhan peserta, terkait penyelenggaraan dan pengajar baik,Namun perlu diperjelas untuk kualifikasi dan kompetensinya dilengkapi dengan sertifikat pelatihan, serta pembiayaan sudah di kelola secara transparan kemudian sarana dan prasarana pendukung sudah baik tetapi perlu ditingkatkan kelengkapannya. 3) Komponen proses terkait pelaksanaan diklat secara metode media pembelajaran sudah baik, pengorganisasian terkait persiapan dan pelaksanaan terstruktur dengan baik, hanya evaluasi yang dilakukan belum secara menyeluruh dan terstruktur. 4) Komponen produk terkait hasil diklat ketercapaian tujuan yaitu peningkatan secara kompetensi baik akademik maupun non akademik. Tetapi perlu adanya dorongan motivasi terhadap peserta agar makin berkembang yang berdampak pada keseriusan peserta dalam mengikuti tes kepolisian bertujuan untuk menambah lulusan peserta yang diterima tes POLRI. ER -